Selasa, 25 April 2017

NIKAH MUDA




Hari ini saya happy, bukan happy karena mau wisuda bukan, tapi karena pilkada sudah selesai. Nah kalau pemenangnya siapa yang kalah siapa ini saya agak kurang happy hahaha. Ijinkan saya ber opini seperti biasa ya, maklum saya gak punya panggung untuk ini, cie gitu hahaha.

Kenapa saya happy? Twitter sudah mulai kembali rame, sudah waras kembali. Orang-orang sudah berhenti nge kafir-kafirin sesama muslim, jenazah sudah mulai ada yang mandiin konon katanya kemarin ada larangan. Suruh mandi sendiri jenazahnya mungkin, saya gak tau sapa yang bikin issue itu saya gak tau apa yang mereka fikirkan. Twitter sudah mulai banyak yang lempar joke, saya happy banyak orang curhat saya happy dari pada banyak orang lempar issue sara dan hal negative lainya. Orang-orang sudah mulai “baik”, karena pilkada sudah berakhir.
Ngomongin yang sedang rame di twitter, ada akun motivasi pernikahan yang sangat ingin banget saya bahas di sini. Ternyata ada salah satu podcast dari Iqbal Podcast Subjective secara kebetulan ngebahas sedikit tentang ini. Ada beberapa orang mengangap pernikahan itu mudah untuk dijalani tetapi ada juga pihak yang menganggap menikah itu hal yang sangat menakutkan. Menarik sih, tetapi kadang apa yang kita fikirkan tidak sesuai dengan apa yang orang lain fikirkan dan kita harus jaga itu. Ada bit yang menurut saya “merugikan” seorang wanita. “jadi kalau kalian tidak punya cukup duit, segera menikah biar ada orang yang menafkahi kamu”, kurang lebih seperti itu. Mungkin banyak orang yang berfikiran seperti itu, dan saya pun juga tidak asing dengan issue seperti itu sih. Mungkin pemikiran mereka akan lebih baik segera punya suami di usia sangat muda karena tuntutan keluarga, bisa juga sudah tidak ada niatan untuk mengejar passion mungkin, atau malah menjadi ibu rumah tangga menjadi passion dia bisa saja. Itu pandangan saya tentang seorang wanita yang memutuskan untuk mengejar itu. Tapi, saya respect seorang wanita yang mengejar karir dari pada memutuskan untuk menikah muda. I’m totally support someone who does it. 
Wanita jaman sekarang punya hak penuh untuk berkarir tidak melulu hanya di rumah ngurus anak kan. Banyak kok orang yang berkarir tapi juga ngurus rumah tangga itu banyak. Saran ya buat wanita yang buru-buru ingin nikah, kalian tidak punya cita-cita? Ya minimal passion lah. Kejar dulu dunia yang sebenter ini, minimal coba dulu lah hal yang kamu suka. Sukur-sukur bisa ngebahagian keluarga dulu, minimal ngebahagiain diri sendiri dengan hasil kerja keras sendiri bukan mengharap pangeran berkuda yang jemput dan mengajak berkuda secara instant. Wanita harus punya karir yang bagus, jangan hanya dirumah dan nunggu suami pulang. Jujur saya prefer wanita yang mau struggling bareng sih, susah seneng di create bareng dinikmati bareng, dan menurut saya itu bakalan keren sih.
Saya butuh waktu kurang lebih sepuluh tahun untuk berani memutuskan, oke kita harus menikah. Bukan masalah sudah terlalu lama pacaran dan harus menikah, tapi karena kami memberi kesempatan satu sama lain untuk saling berkembang. Saya sudah memberi kesempatan dia untuk mendapatkan karir sesuai jurusan dia dan saya juga disupport untuk menyelesaikan pendidikan saya yang lebih tinggi dari sebelumnya. Kami sudah sama-sama kerja tetapi kami tidak buru-buru untuk menikah, tapi kami memutuskan untuk menikah karena kami sudah merasa kami bisa menjalankan rumah tangga yang akan kita jalani kedepan, kami sudah merasa (minimal) sudah cukup untuk melalui apa yang sudah kita perjuangkan selama beberapa tahun belakang ini.
Saya paling tidak suka dengan orang yang tidak mau melihat background seseorang menentukan sikap. Maksud saya begini, kita tidak pernah tahu alasan seseorang untuk beda dari kita tapi kita langsung judge dengan A B C tanpa melihat seberapa tebel layer yang harus di ambil. Seperti nikah tadi, ada sekelompok orang yang pro nikah muda dan ada sebagian yang tidak mau nikah dulu deh ngejar passion dulu gitu. Tapi, kalau boleh saya berpendapat mending karir dulu baru menikah.

Sekali lagi ini adalah opini pribadi saya, saya nulis buat saya sendiri dan kalau kalian suka semoga ini bisa membantu untuk menentukan arah kalian ke hal yang lebih baik lagi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar